Pelindo II Pilih Mitsui untuk Terminal Kalibaru

JAKARTA, KOMPAS.com – PT Pelabuhan Indonesia II (persero)/Indonesia Port Corporation (IPC) menetapkan Mitsui sebagai preferred bidder untuk mengoperasikan Terminal Kontainer 1 di Terminal Kalibaru (NewPriok), di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Mitsui adalah mitra kerja pertama yang terpilih untuk Terminal NewPriok. Dalam waktu sembilan bulan ke depan, IPC akan memilih partner lainnya untuk dua terminal kontainer dan dua terminal petroleum ( bahan bakar).

Demikian diinformasikan oleh Sekretaris Perusahaan Pelindo II, Yan Budi, Rabu (27/2/2013) di Jakarta.

Total investasi yang dialokasikan untuk pembangunan Terminal NewPriok 2,5 miliar dollar AS atau sekitar Rp 24 triliun. Kesepakatan bersama dengan Mitsui ini akan memberikan kepastian bahwa mulai September 2014, kapal pertama akan bertambat dan beroperasi di Terminal Kontainer Satu di Terminal NewPriok.

Terminal NewPriok akan melipatgandakan kapasitas penanganan kontainer (container handling) di Pelabuhan Tanjung Priok. Selain itu, Terminal NewPriok akan menjadi terminal pertama di Indonesia yang mampu melayani kapal kontainer terbesar yang ada saat ini.

Selanjutnya, Terminal NewPriok juga memungkinkan untuk melayani tanker berukuran AFRAMAX untuk bertambat di Pelabuhan Tanjung Priok.

Dalam proses seleksi mitra operator, Rothschild, Norton Rose dan David Wignall Associates telah bertugas sebagai advisor IPC, sementara Herbert Smith Freehills, Ernst & Young dan Portek menjadi advisor Mitsui.

 

Editor :
Agus Mulyadi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *